Keindahan Wisata Alam, Bahari, Kuliner, Tradisi dan Hotel Maluku

Sunday 24 May 2015

Aneka Makanan Maluku Dari Sagu

Aneka Makanan Maluku Dari Sagu - Kini hampir di setiap resepsi acara, makanan khas Maluku seperti papeda, ubi rebus, pisang dan sagu kering, sangat jarang disajikan. Hal ini karena pola konsumsi maksyarakat yang mulai berubah dari makanan lokal ke makanan modern. Karena itu Pemerintah Provinsi Maluku giat mengajak masyarakat untuk membudayakan makanan tradisional khas daerah setempat. Misalnya melalui pelatihan mengolah sagu dan sedap yang dilakukan Departemen Kehutanan bagi ibu-ibu PKK di wilayah Kota Ambon pada bulan Juni 2010.

Aneka Makanan Maluku Dari Sagu

Sagu (pati sagu) adalah salah satu makanan pokok di beberapa daerah Indonesia Timur, termasuk Maluku. Konsumsi sagu sebagai makanan pokok antara lain dalam bentuk makanan tradisional, seperti papeda, kapurung, dan sagu bakar. Saat ini, sekitar 30% masyarakat MAluku masih menggunakan sagu sebagai makanan pokok dalam menu sehari-hari, 50% menggunakan menu sagu dan umbi-umbian, sedangkan sisanya, terutama yang berada di daerah perkotaan, sudah beralih ke beras.

Manfaat mengonsumsi aneka makanan dari sagu, baik dalam bentuk snack maupun olahan yang berasal dari mi sagu, antara lain:
  • Dapat memberikan efek menyenangkan, tetapi tidak menyebabkan gemuk
  • Mencegah sembelit dan dapat mencegah resiko kanker usus
  • Tidak cepat meningkatkan kadar glukosa dalam darah, sehingga dapat dikonsumsi oleh pendertita diabetes melitus
Selain sebagai makanan pokok, sagu mempunyai prospek sebagai salah satu sumber utama pangan murah. Pengembangan produk baru dengan komponen utama sagu yang sesuai dengan selera masyarakat diharapkan dapat menjadi pangan sumber karbohidrat siap konsumsii, seperti tepung kering dan mie. Hal ini dapat mempercepat upaya penganekaragaman pangan yang sedang digalakkan pemerintah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Aneka Makanan Maluku Dari Sagu

0 comments:

Post a Comment