Keindahan Wisata Alam, Bahari, Kuliner, Tradisi dan Hotel Maluku

Wednesday 27 May 2015

Harga Sarapan dan Kudapan Khas Ambon

Harga Sarapan dan Kudapan Khas Ambon - Orang Ambon tidak terbiasa makan pagi atau sarapan dengan nasi. Mereka biasanya hanya menyantap aneka kue seperti pisang goreng, gogos, nasi pulut unti, atau pulut siram gula.

Gogos Sarapan dan Kudapan Khas Ambon
Gogos

Gogos, Mirip lemper, terbuat dari ketan yang diisi suwiran ikan, dibungkus daun pisang lalu dibakar.

Sarapan dan Kudapan Khas Ambon
Pisang Goreng

Pisang goreng, Pisang dipotong memanjang jadi dua, digoreng polos tanpa tepung terigu.

Sarapan dan Kudapan Khas Ambon Nasi Pulut Unti
Nasi Pulut Unti

Nasi Pulut unti, Namanya nasi pulut tapi sebenarnya ketan rebus yang dibumbui parutan kelapa lalu disiram dengan gula aren yang dicairkan. Untu juga bisa diganti dengan srikaya, namanya pulut srikaya.

Sarapan dan Kudapan Khas Ambon Nasi Kelapa
Nasi Kelapa

Nasi Kelapa, Nasi Kelapa yang enak di Ambon, dijual di warung tenda yang hanya buka malam hari di kawasan Batu Merah. Nasi kelapa sebetulnya mirip nasi uduk, yaitu nasi gurih yang dimasak dengan santan. Tetapi, rasanya sedikit beda karena bumbunya memakai lemon cina dan sereh. Nasi kelapa yang sudah bersantan ini disajikan dengan sejumput parutan kelapa yang dibumbui - mirip bumbu urap. Parutan kelapa ini kemudian diaduk dengan santan. Selain parutan kelapa, juga dtambahkan sejumput ikan asin. Ikan asinnya sangat khas, yaitu ikan cakalang yang direndam dalam air garam kemudian dikeringkan.

Sarapan dan Kudapan Khas Ambon
Nasi Ikan + Nasi Kuning

Nasi Ikan. Mirip nasi kelapa, namun nasinya bukan nasi gurih melainkan nasi putih. Dengan suwiran ikan cakalang yang dibumbui gurih pedas. Banyak dijual di warung pinggir jalan, harga per bungkus Rp. 5000.

Nasi Kuning. Biasanya dijajakan malam haro, meski ada juga yang menjualnya pagi hari. Nasi kuning yang dijual di warung, isinya hanya suwiran ikan cakalang dan kacang tanah, dibungkus dengan daun pisang. Harga per bungkus Rp. 5.000.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Harga Sarapan dan Kudapan Khas Ambon

0 comments:

Post a Comment